Pengalaman Mahasantri CSSMoRA UIN Jakarta dalam Mengikuti YOUTEX Seoul 2017 International Symposium “Innovation and Creative Industry for Development”

Perkenalkanlah nama saya Rinaldi Nur Ibrahim, mahasantri CSSMoRA UIN Syarif Hidayatullah angkatan 2015. Pada kesempatan ini, izinkanlah saya menceritakan sedikit pengalaman saya.

Pada tanggal 09-16 September 2017 yang lalu, saya mengikuti event YOUTEX Seoul 2017 International Symposium yang bertemakan Innovation and Creative Industry for Development yang diselenggarakan oleh Indonesia Global Network di Seoul, Korea Selatan. Alhamdulillah saya adalah salah satu dari 35 delegasi yang terpilih dari sekian ribu pemuda yang mendaftar.

Oh iya symposiumnya ini udah ketebakkan dari temanya yang dihubungin dengan prodi saya yaitu farmasi? Jadi temanya itu lebih menjurus ke bisnis industri dan kita sebagai farmasi pun juga butuh akan adanya ilmu bisnis  tersebut. Itulah alasannya kenapa saya ikut dan bisa disupport langsung oleh pihak kampus.

Acaranya apa aja sih?

  1. Gathering dan Dinner

Di sini kita berkenalan  dengan delegasi lainnya. Setelah itu para peserta dibagi dalam beberapa kelompok. Alhamdulillah saya diamanahkan untuk menjadi ketua tim di kelompok saya.

  1. Market research

Jadi setiap kelompok visit ke tiga pasar besar di Seoul di antaranya adalah Dongdaemun Market, Namdaemun Market dan Myeongdong Market.  Apasih gunanya di market research ini? Dari market research ini kita bisa membandingkan gitu antar pasarnya dalam hal market, harga, promosi, dan SWOT analysis dari pasar tersebut. Jadi sebelum kita membuat suatu usaha, seharusnya  kita melakukan  market research terlebih dahulu agar usaha kita bisa sukses di pasaran.

  1. City Challenges

Di sini kita dikasih misi dan misi ini harus diselesaikan pada hari itu juga. Misinya adalah kita diharuskan untuk mengunjungi landmark yang ada di Seoul, di antaranya Bukchon Hanok Vilage, Gyeongbokgung Palace, dan National Folk Korea. Gunanya apa? Pertama kita  diperkenalkan gitu tentang korea, yang kedua diajarkan untuk bekerjasama yang baik dengan tim.

  1. Project Group Discussion

Jadi penyelenggara acara ini memberikan kami satu canvas bisnis dan menyuruh kami untuk membuat  project startup  perkelompok.  Canvasnya itu berisi key partner, key activities, velue proposition, dll (ada contoh kanvasnya kok di google dengan keyword the business model canvas).  Kami akhirnya membuat project startup yang dinamakan “ACHI3VE”, achieve ini adalah salah satu project startup digital “kayak aplikasi-aplikasi di playstore/AppStore ” yang berfungsi untuk menghubungkan para konsumen dan marketer untuk bisa lebih mudah dalam  intraksi jual beli.

  1. Company visit

Mengunjungi  beberapa perusahaan ternama di Korea

– Seoul Global Startup Centre (SGSC)

Tempat incubasi para startup-startup, jadi dari pemerintah Korea sendiri itu membuka peluang bagi masyarakat korea dan bangsa luar untuk bisa membuat startup disini, dibimbing sampai sukSes  dan dimodali sebanyak 1 miliar rupiah pertim.

– Korean Broadcasting System (KBS)

Perusahaan ini adalah salah satu stasiun televisi penyiaran publik Korea Selatan. Drama “Descendants of the Sun” adalah salah satu drama yang ditayang kan oleh KBS. Di setiap dinding dari KBS ini diselimuti dengan gambar aktor aktor Korea. Di sini kita diajarkan tentang dunia broadcasting mulai dari menjadi presenter tv, dubbing suara kartun, dll. Serta diperlihatkan studio yang dipakai artis artis jikalau syuting.

  1. Ideation war (project group persentation)

Acara untuk mempersentasikan project startup perkelompok di depan dewan juri.

  1. Symposium

Di sini dibahas tentang inovasi dan creative industry poleh dua pemateri yang berasal dari Jerman dan Korea

  1. Award

Alhamdulillah saya terpilih sebagai  most outgoing man dan juga menjadi best group di acara ini. Sungguh pengalaman yang sangat berharga.

Sejujurnya saya sama sekali tidak akan kesana tanpa adanya kemauan untuk  mencoba hal yang baru, “We will never know the real answer, before you try”. Dan saya  tak akan mendapatkan penghargaan tersebut tanpa dukungan kalian semua.  Yuk keluarga CSSMoRAku, kini saatnya kita beraksi dan buktikan kalau kita memang ada untuk Indonesia!

Facebook Comments





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *