Mahasiswa CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga Ikuti Konferensi Internasional

Yogyakarta, Senin (5/11) delapan mahasiswa CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga, yaitu Mohammad Abdul Hanif, Nur Azka Inayatussahra, Andi Rosyidin, Alif Jabal Kurdi, Hamdi Putra Ahmad, Muhammad Rafi, Muhammad Alan Juhri, dan Muhammad Wahyudi menjadi pembicara pada Konferensi Internasional, USICON (Ushuluddin International Conference) yang dilaksanakan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Konferensi ini diadakan setiap tahun oleh Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga, dan untuk tahun ini adalah tahun kedua pelaksanaan USICON.
Berdasarkan wawancara dengan salah satu panitia USICON, yaitu Mushawwir yang juga merupakan mahasiswa CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga, ia menjelaskan bahwasanya kegiatan ini dilaksanakan dalam beberapa tahap, yaitu Call for Paper, desain konferensi yang menampilkan presentasi dari mahasiswa maupun dosen yang papernya diterima, proceeding, lalu terakhir publikasi paper. Konferensi ini diadakan selama dua hari, Senin dan Selasa (5-6/11).
Dalam pelaksanaan USICON, juga dihadirkan para pembicara internasional maupun nasional seperti Prof. Ronald a Lukens Bull dari Universitas Florida Utara, Amerika Serikat, Tahmina Rasyeed dari Universitas Canberra, Australia, Dr. Fatimah Husein, M.A. dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan Dr. Leon Moosavi dari Universitas Liverpool.
Salah seorang pembicara yang termasuk mahasiswa CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga, Muhammad Rafi menyampaikan kesannya bahwa kegiatan USICON ini bagus untuk perkembangan akademik mahasiswa, khususnya dalam bidang penelitian. Menurutnya, dari USICON ini mahasiswa bisa mengetahui bagaimana cara meneliti yang baik dan bagaimana perkembangan keilmuan itu sendiri. “Setelah mengikuti acara ini, saya merasa terpanggil untuk meningkatkan kualitas tulisan dan kualitas bahasa, karena selain materi bahasa juga sangat penting untuk penyampaian materi penelitian ataupun pembelajaran” tutur Rafi.
Andi Rosyidin, salah seorang mahasiswa CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga yang menjadi pembicara di USICON, mengaku sangat bersyukur bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman yang berharga dari pemateri-pemateri lainnya, terutama yang termasuk dari CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga. “USICON ini menjadi pemantik bagi saya untuk lebih giat lagi dalam dunia kepenulisan, khususnya dalam seminar-seminar lainnya, karena dengan acara tersebut saya bisa menularkan ide, gagasan, dan pemikiran saya kepada teman-teman. Jadi, jangan lewatkan kesempatan” pesan Andi.(Ai)

Facebook Comments





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *