PBSB Kemenag RI Ramah Disabilitas

PBSB Kemenag RI Ramah Disabilitas

Alhamdulillah, di tahun 2022 Kementerian Agama Republik Indonesia kembali mengadakan seleksi penerimaan Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB). Program yang dimulai sejak tahun 2005 ini, sudah memberikan kesempatan para santri dari berbagai pondok pesantren se-Indonesia untuk melanjutkan studi di 33 Perguruan Tinggi Mitra (PTM). Pada tahun ini ada 26 PTM, salah satunya adalah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, yang disediakan untuk para santri yang lulus seleksi PBSB.

Pada pengumuman kelulusan pada tanggal 09 Juni 2022 lalu, terdapat dua santri tunanetra yang berkesempatan mengenyam pendidikan melalui jalur PBSB Kemenag RI. Adalah Afrizal dan Azza Warda Hayati yang merupakan santri dari Pondok Pesantren Raudlatul Makfufin, Banten. Afrizal mengambil Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Azza Warda Hayati yang mengambil jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan di UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Dokumentasi Seleksi PBSB tahun 2022

Hal ini tentunya sebagai salah satu wujud dari komitmen Kementerian Agama untuk para penyandang disabilitas. Dimana mereka, khususnya di sekolah-sekolah dan kampus-kampus serta lembaga-lembaga yang berada dibawah naungan Kementerian Agama dijamin untuk tidak mendapat diskriminasi karena keistimewaan mereka. Sehingga, salah satu cara yang ditempuh adalah tetap memberikan kesempatan bagi para santri istimewa ini untuk mendapatkan beasiswa, terlepas dari keistimewaan mereka.

Berikut deklarasi Kementerian Agama Republik Indonesia ramah disabilitas

___________________

  • Ditulis oleh Ahmad Agil Asyraq, KOMINFO Nasional CSSMoRA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *