Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN)  2021 Community of Santri Scholars of Ministry of  Religious Affairs (CSSMoRA) UIN Walisongp mengadakan Webinar Hari Santri Nasional dengan mengusung tema “ Peran santri dalam moderasi beragama dan perdamaian negeri” pada sabtu (23/10/2021).

Acara ini dilakukan secara online melalui zoom meeting  bersamaan dengan launching buku karya maha santri PBSB UIN Walisongo Semarang yaitu buku Digitalisasi Ilmu Falak dan buku Ilmu Falak Multimediasi. Acara ini dihadiri oleh Pengelola PBSB UIN Walisongo, bapak Moh Khasan, M.Ag dan Wakil dekan 3 Fakultas Syariah dan Hukum KH. Dr. Ahmad Izzuddin, M.Ag yang sekaligus membuka webinar dan melaunching buku karya mahasantri PBSB UIN Walisongo.  Meskipun acara ini dilaksanakan secara online namun antusias peserta webinar sangat tinggi.

Firginita Wirna Mokoginta selaku ketua panitia webinar kali ini menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan sebuah bentuk apresiasi dan ungkapan ekspresi senang dan syukur dalam memperingati Hari Santri Nasional 2021, berharap santri bisa memposisikan kedudukannya dengan sebaik mungkin, sebagaimana sejarah 22 oktober 1945 yang sering disebut dengan “resolusi jihad” yang akan terus dikenang sepanjang tahun. Dengan adanya webinar ini, santri akan mengerti apa itu moderasi beragama dan bagaimana memposisikan sifat moderat dalam hal agama dan peran santri untuk perdamaian negeri.

Webinar Nasional yang dimoderatori oleh Ayu Fitri Damayanti, penerima beasiswa S1 PBSB, serta skripsi terbaik Fakultas Syari’ah dan Hukum periode ke 81, dan diisi langsung oleh beberapa narasumber yaitu, Dr. Imam Yahya M.Ag selaku Dosen UIN Walisongo Semarang dan Ketua Rumah moderasi beragama UIN Walisongo Semarang yang membawakan materi “Peran Santri dalam Moderasi Beragama”, dan Siti Kholisoh S.H.I, M.H sebagai penerima beasiswa  S1 PBSB, Staf ahli media dan advokasi Wahid Foundation, Founder Muslimah for Change dengan materi “Peran Santri terhadap perdamaian negeri.”

Diakhir acara, beberapa peserta seminar mendapatkan doorprize bagi dua orang penanya terbaik dan peserta yang mampu mereview materi dari awal pematerian hingga akhir.  Harapan dari webinar ini adalah dapat memberikan pemahaman tentang apa arti moderasi dan bisa mendorong mahasiswa/siswa khususnya mahasantri/santri untuk bisa memberikan sebuah informasi dan edukasi tentang moderasi baik dengan konten digital maupun konten visual dan bisa berperan dalam perdamaian negeri.

Penulis: Ahmad Agil Tsabata


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *