Community of Santri Scholars of Ministry of Religious Affairs (CSSMoRA) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar menggelar Festival Santri Nasional sejak awal tahun 2021 tepat pada tanggal 03 Januari hingga 24 Februari 2021.

Festival Santri Nasional 2021 ini bertemakan “Santri Progresif Agen Kemajuan Bangsa”. Faisal S. Sangaji dalam Laporan Ketua Panitia menjelaskan makna tema yang diusung.
“Santri progresif adalah mereka yang senantiasa dinamis dalam aspek keilmuan, yang memiliki need for achievement yang tinggi, sehingga cenderung menghabiskan waktunya untuk pengembangan potensi intelektual,” ujar Faisal, Rabu (24/02/2021).

Kegiatan ini terdiri dari 3 cabang lomba yaitu MTQ, English Speech, dan Esai dengan total peserta sebanyak 117 santri dari berbagai pondok pesantren yang ada di Indonesia.

Acara Pengumuman Festival Santri Nasional 2021 dihadiri oleh Kepala Subdit Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama RI, Dr. H. Basnang Said. Ia sangat mengapresiasi kegiatan ini.
“Saya sangat mengapresiasi CSSMoRA UIN Alauddin Makassar, kegiatan ini sangat baik dan positif,” katanya.

Ketua CSSMoRA UIN Alauddin Makassar, Andi Ratu Boelqiah Assaad berharap Festival Santri Nasional dapat menjadi wadah bagi santri dalam menumbuhkembangkan minat dan bakatnya.
“Saya berharap dengan terlaksananya Festival Santri Nasional ini, para santri dapat menumbuhkembangkan minat dan bakatnya sehingga mampu unggul di berbagai bidang. Apalagi di tengah pandemi COVID-19 yang tak kunjung membaik, kegiatan positif seperti ini saya rasa perlu demi membentuk santri-santri yang progresif,” ujarnya.

Para peserta Festival Santri Nasional 2021 terlihat sangat antusias dan mereka berharap CSSMoRA UIN Alauddin Makassar dapat melaksanakan festival-festival selanjutnya dengan cabang lomba yang lebih banyak lagi.

Penulis: Ayu Purnama Sari


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *