Profil CSSMoRA UINSA

Profil CSSMoRA UINSA
Skuy Bagikan

CSSMoRA merupakan organisasi yang mewadahi mahasiswa penerima Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) dari Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) yang bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Indonesia, salah satunya ialah UIN Sunan Ampel Surabaya.

CSSMoRA yang ada di setiap Perguruan Tinggi yang telah di tunjuk Kemenag RI bernama CSSMoRA PT masing-masing seperti CSSMoRA UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA). UIN Sunan Ampel Surabaya ditunjuk oleh Kemenag RI sebagai tempat menimba ilmu bagi mahasiswa penerima beasiswa PBSB dari berbagai penjuru daerah sejak tahun 2006.

CSSMoRA UINSA merupakan salah satu CSSMoRA yang berada di daerah Regional Timur. Jumlah anggota yang terdaftar di CSSMoRA UINSA setiap tahunnya mengalami pasang surut, dan sempat berhenti pada tahun 2009 karena tidak ada kuota PBSB yang masuk di UIN Sunan Ampel Surabaya. Jurusan perkuliahan anggota CSSMoRA UINSA mengalami perubahan dari Fakultas Syariah Program Studi Ahwalu Syakhsyiah dipindah ke Fakultas Dakwah dan Komunikasi Program Studi Bimbingan Konseling Islam, kemudian pada tahun 2015 ditambah dengan Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam.

Prestasi yang digapai oleh anggota CSSMoRA UINSA yang aktif maupun pasif pun beraneka ragam,baik itu prestasi akademik maupun non akademik. Hingga saat ini tahun 2020 sudah mengalami berbagai perubahan dalam organisasi maupun prestasi anggotanya. Program Kerja yang ada di CSSMoRA UINSA pun biasanya paling banyak jika dibandingkan dengan CSSMoRA lainnya. Adapun Departemen dan Badan Semi Otonom di CSSMoRA UINSA saat ini terdiri dari Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM), Departemen Ilmu dan Keagamaan (IK), Departemen Pengembangan, Pengabdian Pesantren dan Masyarakat (P3M), Departemen Service Member Relation (SMR), Departemen Kominfo (Komunikasi dan Informasi), dan Badan Semi Otonom (BSO) Naturalis. CSSMoRA UINSA bernama CSS dimulai sejak tahun 2007, dan sebelum itu masih bernama organisasi PBSB saja.

(Kontributor: Kominfo CSSMoRA UIN Sunan Ampel Surabaya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *