Usul Jadikan Gus Dur Pahlawan Nasional Menguat

Surabaya-Usulan agar Abdurrahman Wahid (Gus Dur) diangkat menjadi pahlawan nasional menguat di sela Halaqah (pertemuan) Ramadan bertema “Menggali Ideologi dan Gagasan Bung Karno Dan Gus Dur” yang diselenggarakan oleh DPW Partai Nasdem Jatim, di Aula Utama Partai Nasdem di Surabaya, Sabtu (4/7/2015).

Halaqah yg di buka oleh Wakil Gubernur Jatim Syaifullah Yusuf, dihadiri hampir 300 peserta, dipandu oleh Redaktur Nusantara Harian Kompas Tri Agung Kristanto dengan menghadirkan pembicara di antaranya Bondan Gunawan (Mantan Mensesneg era Gusdur), Mochamad Munib Huda (mantan Sespri Gusdur), Pastor Didit Pr (Vikjen Keuskupan Surabaya), dan Hermawi Taslim (Sahabat Gus Dur).

Hermawi Taslim, yang juga Wakil ketua DPP Bahu Nasdem menggarisbawahi urgensi penetapan GusDur sebagai pahlawan Nasional sebagai bagian dari upaya pelestarian pemikiran tokoh-tokoh bangsa yang menjadi landasan keindonesiaan.

Menurutnya perlu pemahaman utuh tentang pemikiran para tokoh bangsa agar identitas kebangsaan Indonesia tetap terpelihara utuh meskipun era berubah-ubah.

“Adalah penting utuk memahami para tokoh nasional dan pemikirannya, melalui sudut pandang kebangsaan masing-masing tokoh tersebut. Indonesia tidak akan bertahan tanpa mereka, yang adalah pelaku sejarah di jamannya. Oleh karena itu, pengusulan Gus Dur sebagai pahlawan nasional adalah wujud dari pemeliharaan atas nilai-nilai kebangsaan yang telah ditanam beliau,” ujar Hermawi.

Ketua DPW Partai Nasdem Jatim Effendi Choiri dalam sambutannya menandaskan, Nasdem akan terus menggali pemikiran2 para tokoh bangsa untuk memperkaya dan memperkuat keindonesiaan menghadapi era globalisasi.

Oleh karena itu, para kader diminta untuk mempelajari sejarah, pemikiran para tokoh pejuang dan pendiri bangsa Indonesia. Tujuannya agar ke depan mereka tidak memikirkan uang dan kekuasaan, tapi melakukan gerakan restorasi dan berjuang untuk rakyat. (tribbunnews.com)

Facebook Comments





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *