SERSANTARA KE-10, CSSMoRA UIN SUKA ADAKAN BAKTI SOSIAL DAN FESTIVAL BUDAYA

Bantul, cssmora.org—CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam rangka Semarak Santri Nusantara (SERSANTARA) ke-10. Salah satunya adalah kegiatan Bakti Sosial dan Festival Budaya 2018 (Baksos & Fesbud) yang dilaksanakan pada Jum’at-Ahad (16-18/2). Ada beberapa mata acara yang dilaksanakan, yaitu: Festival Hadroh pada Jum’at (16/2), Seminar Beasiswa serta Pengajian & Sholawat Akbar pada Sabtu (17/2), dan Pasar Murah serta Donor Darah pada Ahad (18/2). Ada juga Lomba Fotografi dengan mengambil objek tempat wisata dan produk lokal Kecamatan Pajangan, Bantul, DI Yogyakarta.

Baksos & Fesbud tersebut mengambil tema “Peran Pemuda dalam Meningkatkan Kepedulian Sosial dan Pengenalan Budaya.” Dalam pelaksanaannya, CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga bekerjasama dengan CSSMoRA UGM, Ngasah Jiwo (ISI Yogyakarta), PAC IPNU/IPPNU Kecamatan Pajangan, PK IPNU/IPPNU MA Unggulan Al-Imdad, serta Pondok Pesantren Al-Imdad Pajangan Bantul. Muhammad Irfan Faziri selaku Ketua Pelaksana Baksos & Fesbud menjelaskan bahwa kegiatan tersebut terlaksana atas kerjasama dengan berbagai pihak.

“Ini kan karena melihat bagaimana pandangan beberapa masyarakat bahwa mahasiswa hanya berbicara dan bergerak di kampus, tapi nol di masyarakat. Nah, dengan kegiatan ini kita ingin membuktikan bahwa mahasiswa juga turut bergerak di masyarakat. Ketika semua elemen masyarakat dapat bersatu, di situlah semakin bermakna,” tegas Irfan.

Senada dengan Irfan, Melati Ismaila Rafi’i selaku Ketua Umum CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga juga menuturkan bahwa kegiatan tersebut dapat menjadi langkah pembuktian peran CSSMoRA di masyarakat.

“Tentu hal ini merupakan salah satu upaya meningkatkan peran CSSMoRA di lingkungan masyarakat atau eksternal CSSMoRA. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi sebuah pembelajaran yang bisa dikembangkan untuk kegiatan di tahun-tahun berikutnya,” tutur Melati sebagaimana dikutip cssmorauinsuka.net.

Mohammad Nailul Muna selaku koordinator Festival Hadroh menyatakan bahwa acara tersebut merupakan langkah pengenalan budaya. Ia menilai respon masyarakat dan antusiasme peserta sangat baik. Khusus berkenaan dengan Festival Hadroh, Nailul Muna juga menyebutkan beberapa tujuan diselenggarakannya acara tersebut.

“Pertama, untuk merawat khazanah musik islami di Indonesia. Kedua, untuk menyebarkan nama CSSMoRA. Ketiga, untuk bisa mengabdi kepada masyarakat,” tutur Nailul Muna.

 

Sumber: cssmorauinsuka.net

Acara Seminar Beasiswa menghadirkan Annas Rolli Muchlisin, Duta Santri Nasional 2016 yang kini menjabat sebagai Ketua Umum CSSMoRA Nasional. Narasumber lainnya adalah Afifurrohman Sya’roni, mahasantri PBSB UIN Sunan Kalijaga angkatan 2012 yang kini memperoleh Beasiswa Fresh Graduate Diktis Kemenag RI di CRCS Universitas Gadjah Mada. Seminar dengan tema “Wujudkan Mimpimu, Lanjutkan Studimu, Raih Beasiswamu” tersebut diikuti sekitar 60 peserta. Para peserta terlihat antusias mendengarkan motivasi dan penjelasan dari kedua narasumber.

Sumber: cssmorauinsuka.net

Kegiatan yang bertempat di Pondok Pesantren Al-Imdad Pajangan Bantul tersebut dilanjutkan dengan Pengajian Akbar yang disampaikan oleh KH. Asyhari Abdullah Tamrin. Dalam ceramahnya, beliau menyampaikan bahwa menghadiri pengajian sama artinya dengan menuntut ilmu, “Sopo wonge menyang golek ngilmu, malaikat bakal ngenut mbureni”(Barang siapa yang berjalan untuk menuntut ilmu, maka para malaikat akan mengikutinya-red). Demikian tutur narasumber yang merupakan A’wan Rais Syuriyah PWNU DIY sebagaimana dilansir dari cssmorauinsuka.net. (Ray)

Facebook Comments





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *