Resmi Dilantik, CSSMoRA Nasional Fokus Optimalkan Eksternalisasi

Yogyakarta, CSSMoRA Online

Setelah melewati proses panjang tahap perekrutan dan seleksi, 29 orang Pengurus Nasional CSSMoRA periode 2016-2017 resmi dilantik, di Wisma Sargede, Yogyakarta, Sabtu (16/4) kemarin. Dalam kesempatan ini, Dr Agus Fathullah hadir untuk melantik CSSMoRA Nasional mewakili Kepala Subdit Pendidikan Pesantren Kementerian Agama yang tidak bisa hadir.

Sebagaimana kepengurusan sebelumnya, CSSMoRA Nasional periode ini memiliki 4 departemen, yakni Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM), Pengembangan dan Pemberdayaan Pesantren serta Masyarakat (P3M), Komunikasi dan Informasi (Kominfo), dan Pengembangan Sumber Daya Ekonomi (PSDE). Di tambah Badan Semi Otonom (BSO) Majalah Santri.

Ketua CSSMoRA Nasional periode 2016-2017 Muhammad Zidni Nafi’ sangat bersyukur bahwa di tahun ke-9 CSSMoRA berdiri masih eksis. Hanya saja menurut Zidni, CSSMoRA secara umum masih sedikit dalam membuat program eksternal, baik itu ke pesantren atau masyarakat secara luas.

“Sebagaimana amanah Garis-Garis Besar Haluan Organisasi (GBHO) CSSMoRA, setahun ke depan merupakan tahap optimalisasi pengembangan dan pemberdayaan dari kontribusi anggota dalam penguatan eksternalisasi,” ujar Zidni usai pelantikan.

Zidni mengajak kepada seluruh anggota, khususnya semua Pengurus Perguruan Tinggi CSSMoRA supaya memahami maksud GBHO serta memasukkan arah eksternalisasi dalam bentuk program kerja.

“Ini kesempatan kita untuk meningkatkan kontribusi kepada masyarakat luas melalui integritas ilmu dan kerja sama organisasi yang terstruktur dan terkoodinir,” lanjut mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung itu.

Dia berharap tahap optimalisasi penguatan eksternal ini bisa disiapkan secara sungguh-sungguh oleh anggota. Sehingga peran dan fungsi CSSMoRA sebagai mahasantri benar-benar mentransformasikan agen rahmatan lil ‘alamin.

“Mari kita tingkatkan kesadaran dan tanggungjawab. Semoga kesalehan sosial teman-teman CSSMoRA selalu diridhoi Allah,” pungkas Zidni. (bph)

Facebook Comments





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *