RANGKAIAN PEMILU, KPU CSSMoRA SELENGGARAKAN DEBAT KANDIDAT

Yogyakarta, cssmora.org—CSSMoRA Nasional melalui Komisi Pemilihan Umum (KPU) CSSMoRA telah mengadakan kegiatan Debat Kandidat Calon Ketua Umum CSSMoRA periode 2018-2019. Acara yang dilaksanakan di Teatrikal FISHUM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Pemilihan Umum (Pemilu) CSSMoRA 2018. Kegiatan ini tentunya dihadiri anggota CSSMoRA dari beberapa Perguruan Tinggi Mitra PBSB. Selain itu, kegiatan ini semakin terasa berkesan karena dihadiri langsung oleh Kasubdit PD Pontren Kementrian Agama RI Dr Basnang Said.

Sebelum pelaksanaan debat, para kandidat terlebih dahulu mengikuti pre-test. Pre-test yang berlangsung selama 1 jam itu dilaksanakan  secara tertutup.  Pre-test tersebut  berupa ujian membaca Al-Qur’an dan membaca Kitab  oleh Dr Moh. Habib dan wawancara oleh Dr Basnang Said. Usai pre-test, selanjutnya dilakukan pembukaan kegiatan. Rohmah Tiningsing selaku Ketua KPU CSSMoRA menyampaikan laporannya mengenai rangkaian kegiatan Pemilu.

Selanjutnya sambutan disampaikan oleh Ketua Umum CSSMoRA Nasional Annas Rolli Muchlisin. Dalam kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu (24/2) tersebut Annas memberikan apresiasi kepada tiga kandidat calon Ketua Umum CSSMoRA Nasional periode 2018-2019.

Dr Basnang Said selaku Kasubdit PD Pontren juga turut memberikan sambutan. Beliau menegaskan dalam sambutannya itu bahwa anggota CSSMoRA  dilarang keras menganut radikalisme yang menentang terhadap Pancasila. Beliau juga menyatakan bahwa santri harus menjadi seorang yang nasionalis, yakni peduli terhadap negaranya. Hal itu pula yang diharapkan dapat dilakukan dan digemborkan oleh Ketua Umum CSSMoRA selanjutnya.

Rangkaian acara pun dilanjutkan pada acara inti, yakni Debat Kandidat Calon Ketua Umum CSSMoRA Nasional. Debat tersebut dibagi ke dalam beberapa sesi. Sesi pertama yakni penyampaian visi dan misi dari setiap kandidat calon ketua. Pada sesi ini setiap kandidat diberi waktu selama 6 menit untuk menyampaikan visi misi serta program unggulan yang mereka tawarkan.

Kemudian sesi kedua dari debat kandidat yang dipandu oleh Wakil Ketua 1 CSSMoRA Nasional Iko Firman Syahridho tersebut dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pertama-tama pertanyaan untuk kandidat diberikan oleh tiga panelis istimewa, yaitu Kasubdit PD Pontren Dr Basnang Said, Ketua Umum CSSMoRA Nasional Annas Rolli Muchlisin, dan Zidni’ Nafi’ yang merupakan Ketua Umum CSSMoRA Nasional periode 2016-2017.

Selanjutnya pertanyaan diberikan oleh panelis umum, baik yang hadir secara langsung maupun yang menyaksikan via live streaming dan mengajukan pertanyaan secara online. Audiens pun tampak begitu antusias. Banyak para audiens yang penasaran ataupun sekedar ingin mengetahui pendapat dan tanggapan dari para kandidat dalam menghadapi suatu permasalahan. Setelah itu, sesi terakhir adalah pertanyaan antar kandidat. Para kandidat saling bertukar pendapat ataupun pertanyaan mengenai visi misi yang mereka tawarkan. Debat kandidat ini tentunya menjadi sebuah acuan bagi anggota CSSMoRA dalam menentukan pilihan. (Arn/Ray)

Facebook Comments





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *