Muspimnas 2014, Tegaskan Fungsi, Visi-Misi, dan Arah kerja CSS MoRA

Jumat-Ahad, 16-18 Mei 2014 CSS MoRA Nasional mengadakan Musyawarah Pimpinan Nasional (Muspisnas) 2014 di Pondok Khanzah, Komplek Darut Tauhid, Bandung. Adapun tujuan diselenggarakannya acara ini sebagaimana dituturkan ketua panitia, Muhammad Ansori dari IPB adalah untuk sosialisasi program kerja CSS MoRA, konsolidasi seluruh ketua CSS PTN terkait program kerja CSS Nasional, terutama untuk menegaskan kembali fungsi, visi dan misi, serta arah kerja CSS MoRA.

Sebagaimana undangan yang dilayangkan oleh panitia, acara ini dihadiri oleh seluruh ketua PTN relasi KEMENAG RI yang memperoleh beasiswa PBSB, yang meliputi UIN Sunan Ampel, ITS, Universitas Airlangga, UIN Maulana Malik Ibrahim, UIN Sunan Kalijaga, UGM, IAIN Walisongo, UIN Syarif Hidayatullah, UIN Sunan Gunung Djati, IPB, UPI, serta perwakilan dari majalah SANTRI.

Hasil muspimnas 2014 ini adalah bahwa CSS MoRA berfungsi sebagai kepanjangan tangan dari Kementerian Agama. Adapun tujuannya adalah untuk mengkoordinasikan seluruh CSS MoRA PT dan membentuk hubungan yang baik antara CSS MoRA PTN dan Kementerian Agama RI. Sedangkan konsep CSS MoRA  adalah instruktif koordinatif. Instruktif sebagai kepanjangan tangan dari Kementerian Agama RI dan sebagai organisasi nasional dari organisasi di PTN. Koordinatif sebagai CSS MoRA yang mengkoordinasi seluruh CSS MoRA PTN, serta CSS MoRA memiliki hak dan wewenang sebagaimana djelaskan dalam AD/ART dan Peraturan Pengurus Nasional (PPN) dengan dilakukan beberapa perubahan.

Adapun bentuk nyata program kerja yang disepakati diantaranya adalah dari Kementrian Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) yaitu kaderisasi dengan dibuatnya Buku Pedoman Kaderisasi, Buku Saku, dan Buku Kendali; dari  Kementerian Pemberdayaaan, Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (P3M), Penyuluhan dan Pembekalan Pra Lulus Pengabdian (P3LP), Posko mudik, dan mendata anggota yang lulus;  Kementerian Komunikasi dan Informasi (KOMINFO), Web, FB, twitter, Video, dan Radio CSS MoRA; dari Kementerian LITBANG, lomba essay (akan dibukukan), dan Pengumpulan karya anggota (digital library) serta Badan Semi Otonom (BSO) SANTRI yaitu Penerbitan Majalah SANTRI volume VI “Pesantren dan Sistem Informasi di Era Digital” versi cetak dan  e-paper, Magang Staf Redaksi, Pelatihan Jurnalistik Nasional

“Alhamdulillah, acara muspimnas ini berlancar lancar. Ruh organisasi yang selama ini belum jelas, bisa menjadi jelas dan disepakati. Meskipun memang ada beberapa kebijakan yang diambil tidak populis di mata anggota tetapi kita harus tetap memperjuangkan konsep ideal dan benarnya organisasi CSS Nasioanal” ungkap Ahmad Maulana, ketua CSS MoRA Nasioanal saat diwawancari. (N. Aflah)

Facebook Comments





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *