Menteri Agama: Santri dan Pramuka, Kombinasi Mentalitas yang Serasi

CSSMORA Online

Tanah Laut – Menteri Agama, H Lukman Hakim Saifuddin menegaskan, program Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) yang diselenggarakan Kementerian Agama ini merupakan kombinasi mentalitas yang serasi antara pramuka dan santri.

“Pramuka dan santri adalah sebuah kombinasi mentalitas yang serasi. Santri merupakan individu yang religius, mandiri, dan disiplin. Sedang Pramuka, juga mengajarkan hal sama, yang tercermin dalam Dasa Dharma Pramuka,” terang Menag saat melakukan pembinaan pada Pembukaan PPSN IV, di Bumi Perkemahan Agro Wisata Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa 2 Juni 2015.

Gerakan kepanduan Praja Muda Karana atau Pramuka mengajarkan 10 dharma yang dikenal dengan Dasa Dharma Pramuka. Kesepuluh dharma itu adalah 1) takwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa; 2) cinta alam dan kasih sayang sesama manusia; 3) patriot yang sopan dan ksatria; 4) patuh dan suka bermusyawarah; 5) rela menolong dan tabah; 6) rajin, terampil, dan gembira; 7) hemat, cermat, dan bersahaja; 8) disiplin, berani, dan setia; 9) bertanggungjawab dan dapat dipercaya; serta 10) suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan.

“Dan Dharma ke-10 seolah merupakan rangkuman pemikiran asli pendidikan yang menjabarkan tujuan pendidikan atas tiga ranah, yakni efektif, kognitif dan psikomotorik,” tegas Menag.

PPSN IV ini diikuti sekitar 5.000 peserta dari 33 provinsi di Indonesia, dan akan berlangsung dari 1 – 7 Juni 2015 mendatang. Di hadapan ribuan pramuka santri, Lukman Hakim mengingatkan bahwa keseimbangan ranah tujuan pendidikan mutlak diperlukan agar peserta PPSN mampu menjadi insan kamil; sempurna secara fisik, lahir, dan batin.

Lukman tak lupa mengapresiasi PPSN kali ini yang mempunyai keunikan, yakni menyatunya nuansa religius khas santri dengan mentalitas pramuka yang khas nusantara. “Inilah kekhasan PPSN kali ini, perlu dipelihara dan kembangkan,” tukasnya. (shir/ahay)

 

Sumber: santrinews.com

Facebook Comments





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *