Menko PMK Launching Program Peningkatan Kualitas Pendidikan Pesantren

Jakarta–Launcing Program peninggakatan kualitas Pendidikan Agama dan keagamamaan pada Madrasah dan Pondok Pesantren serta Peringatan Nuzul Qur’an dengan tema membangun manusia yang cerdas dan berkarakter. Acara ini di selenggarakan di lantai 7 kantor PMK jl. Medan Merdeka Barat NO.3 Jakarta Pusat.

Acara yang juga di hadiri Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, DPR Komisi VII dan Ketua YBM BRI serta di ikuti perwakilan anak Madrasah dan perwakilan Pondok Pesantren,  Rabu sore 01 Juli 2015.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani “Mengaharapkan pendidikan sekarang harus 12 tahun wajib belajar, berbeda dengan tahun yang lalu hanya 9 tahun wajib belajar”.

MenkoPMK juga mengusulkan Madrasah dan Pondok Pesantren harus sama dengansekolah-sekolah yang lainnya,Baik penerimaan KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) dan KIP (Kartu Indonesia Pintar), sekarang sudah di mulai pendataan dan akan di mulai secara bertahap.

Pondok Pesantren sudah menjadi pendidikan yang sangat berakarsejak ratusan tahun lalu dan sudah menjadi central pendidikan Nasional. ”Di wilayah Indonesia pasti ada pondok pesantren yang kecil maupun besar yang sudah memeberi kontribusi banyak dalam mensukseskan program bangsa ini”, tegasnya.

“Dan santri sekarang juga sudah dibekali fasilitas yang ideal, seperti bidang kewirausahaan sehingga santri sekarang mempunyai keterampilan khusus, nantinya santri juga bisa siap kerja nyata di lapangan kerja”, tutur Puan Maharani.

Selain itu, pendidikan Pondok Pesantren memang sarana yang sangan penting, sudah menjadi ciri khas dan memiliki karakter tersendiri bagi santri. Sistem pembelajarannyayang 24 jam, sehingga menjadikan santi disiplin dan cerdas bisa membagi waktu dengan tepat, Imbuhnya.

Untuk itu Pendidikan karakter para santri saat ini memang diperlukan dan nantinya bisa menjadi insan kamil, bisa merevolusi mental menjadikan insan yang intergitas dan berjiwa gotongroyong, imbuh menko PMK.

Menko PMK, Kemenag RI dan YBM BRI memberikan bantuan 150 Madrasah dan Pondok Pesantren, yakni berupa saran prasarana sejumlah 35 M, yang bersumber Muzaki di BRI dan masyarakat umumnya.

Puan Maharani mengucapkan terima kasih banyak atas terselenggaranya Louncing Program ini, “semoga Amal kita dan niat baik kita diterima oleh Allah SWT, serta memberikan manfaat Barokah pada kita semua”, pungkasnya.

Dan acara lounching program resmi di buka oleh menteri PMK Puan Maharani dengan ditandai menabuh goong 3 x. (ditpdpontren.kemenag.go.id)

Facebook Comments





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *