KERJASAMA DENGAN KEMENAG, CSSMoRA DAN HMJ FALAK AKAN PANTAU HILAL DI 5 TITIK

Semarang, cssmora.org — CSSMoRA dan HMJ Ilmu Falak akan mengadakan Rukyatul Hilal awal Ramadhan pada Jumat (26/5). Acara dengan tema “Mengintip Senyum Hilal di Balik Datangnya Ramadhan” ini rencananya akan dilakukan di 5 titik.

“Rukyah kali ini akan kami laksanakan di 5 titik, yaitu di Pantai Kartini Jepara, Pantai Ujung Negoro Batang, dan Pantai Parangkusumo Jogja. Sedangkan yang 2 titik lagi yaitu di Condrodipo Gresik dan Pelabuhan Ratu Sukabumi, kita hanya mewakilkan 2 anggota CSSMoRA dan beberapa anggota HMJ di masing-masing tempat itu,” ujar Ketua Panitia, Masyfuk Harismawan.

Masyfuk juga mengatakan bahwa acara Rukyatul Hilal ini bekerja sama dengan Kemenag setempat. “Kami benar-benar bersugguh-sungguh dalam acara ini dan telah bekerja sama dengan Kemenag setempat. Kami siap bersumpah dan melaporkan kepada Kemenag jika kami benar benar melihatnya” ujarnya.

Dalam pelaksanaan rukyatul hilal tersebut, CSSMoRA dan HMJ falak akan menggunakan data hasil perhitungan Tim Hisab CSS (THC). Dalam perhitungannya, THC menggunakan empat metode perhitungan, yaitu sistem perhitungan ephemeris, sistem perhitungan kitab ad-Durrul Aniq, sistem perhitungan kitab al-Khulashoh al-Wafiyah dan sistem perhitungan kitab Irsyadul Murid.

“Tujuan menggunakan empat metode ini adalah sebagai komparasi” ujar Muhammad Falih, Ketua Tim Hisab CSS.

Rencananya alat yang digunakan untuk melakukan rukyatul hilal adalah theodolit dan teleskop. Pemberangkatan ke 5 titik tersebut dilaksanakan berbeda-beda tergantung jauh lokasi.

“Jadwal pemberangkatan akan berbeda-beda tergantung jauh dekatnya, tapi kami jadwalkan jam 2 siang sudah harus di lokasi rukyah, agar pembidikan terhadap matahari bisa lebih mudah dan sempurna” ucap Masyfuk.

Ia juga berharap acara Rukyatul Hilal ini dapat berhasil agar nantinya seluruh Indonesia bisa merasakan awal puasa berbarengan. (SN)

Facebook Comments





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *