Jalin Silaturahmi, CSSMoRA Nasional Adakan Temu Regional Tengah

Semarang, cssmora.org–CSSMoRA Nasional kembali adakan Temu Regional Tengah. Event yang merupakan realisasi dari salah satu tugas fungsional departemen PSDM ini diadakan di Barak Militer Bantir, Desa Losari, Kec. Sumowono, kab. Semarang – Jawa Tengah pada Jum’at-Ahad (9-11/3). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh anggota aktif CSSMoRA pada tiga PTN, yaitu CSSMoRA UIN Walisongo, CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga dan CSSMoRA UGM.

 

Acara yang bertemakan “Menjalin silaturahmi, Membangun Kepedulian untuk Negri” ini diawali dengan acara pembukaan pada jum’at (3/9) pukul 20:00 WIB yang dihadiri oleh anggota aktif CSSMoRA UIN Walisongo serta Ibu Siti Rafi’ah selaku wakil pengelola PBSB Walisongo yang sekaligus membuka acara ini dengan resmi. Pada pukul 21:00 WIB anggota CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga dan UGM sampai di tempat. Acara ini dilanjutkan dengan acara penyambutan dan makan malam. Kemudian seluruh anggota dipersilahkan untuk beristirahat.

Esok harinya, acara dimulai kembali dengan melaksanakan shalat subuh berjama’ah dan dzikir pagi. Kemudian dilanjutkan dengan pembagian kelompok seluruh anggota dan makan bersama sesuai dengan kelompok yang telah ditentukan. Dalam hal ini terdapat 15 kelompok yang digabung antara anggota CSSMoRA UIN Walisongo, CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga, dan CSSMoRA UGM. Hal ini bertujuan agara terjalin silaturahmi antara anggota CSSMoRA yang berasal dari tiga PTN berbeda tersebut.

Kemudian, acara ini dilajutkan dengan outbound ke tempat wisata Bantir Hills yang tidak jauh dari Barak Militer tersebut. Semangat dan keceriaan tampak dari raut wajah para anggota. Outbound berjalan dengan lacar, walaupun pada akhirnya hujan turun mendera, namun hal itu tidak mengurangi semangat anggota untuk mengikuti acara ini. Setelah outbound selesai, kegiatan dilanjutkan dengan share to care, yang dalam hal ini dihadirkan dua pemateri, yaitu bapak Dr. H. Ahyani, M.Si selaku kabid PD Pontren Semarang dan Anisa Budiwati, alumni CSSMoRA UIN Walisongo.


Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan. Anisa Budiwati mengutip perkataan Imam Syafi’i tersebut di awal materinya, di sini ia menyampaikan bahwa belajar itu never ending.

 

 

 

“Sebagai penuntut ilmu kita harus terus belajar dan belajar, dan yang terpenting bagi kita adalah keberkahan ilmu itu sendiri,” ujarnya.

 

Setelah itu, juga diadakan diskusi antar angkatan yang bertujuan mempersiapkan penampilan untuk acara PENSI yang akan digelar pada malam harinya.

 

Pada pukul 21:00 WIB acarapun dilanjutkan, dimulai dengan pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars CSSMoRA serta sambutan-sambutan dan laporan dari panitia. Belum selesai sampai disini, acara dilanjutkan dengan penampilan video perkenalan, mulai dari angkatan 2017 hingga angkatan 2014. Tak kalah pentingnya, acara dilanjutkan dengan PENSI dari masing-masing angkatan dan penampilan dari Sanggar Seni Rebung CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga, kemudian disusul dengan penampilan shalawat dari angkatan 2014 sebagai penutup diacara malam tersebut, dan berakhir pada pukul 23.40 WIB.


Pagi harinya yakni pada hari terakhir, kegiatan ini ditutup dengan senam bersama dan tukar kado antar anggota. Afandi selaku ketua panitia berharap hubungan antar anggota tetap terjalin usai kegiatan ini.

“Saya sangat apresiasi terhadap teman-teman semuanya, baik yang dari UIN Walisongo, UIN Sunan Kalijaga maupun UGM, yang memiliki semangat yang luar biasa dalam mengikuti acara ini. Dan pada agenda Temu Regional Tengah tahun ini, diharapkan semoga hubungan antar anggota CSSMoRA tetap terjalin, nilai-nilai yang telah diterapkan dalam temu regional tahun ini tetap terus teraplikasikan dan tidak berhenti sampai disini saja, karena kita adalah satu, yakni CSSMoRA dibawah naungan kementrian Agama yang berdedikasi untuk bangsa,” ujar Afandi saat diwawancarai. (Rad)

Facebook Comments





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *