Ini Kaleidoskop CSSMoRA Nasional Selama 2016

Sebagai struktur kepengurusan tertinggi di CSSMoRA, CSSMoRA Nasional mempunyai berbagai tugas dan program kerja yang telah dijalankan sepanjang tahun 2016. Berikut beberapa kilas balik dan ulasan dalam kaleidoskop CSSMoRA Nasional selama tahun 2016 :

9-15 Februari 2016 | Pendaftaran Calon Ketua CSSMoRA Nasional

KPU CSSMoRA Nasional membuka waktu pendaftaran serta pengiriman persyaratan administratif bakal calon Ketua CSSMoRA Nasional. Di antara persyaratan administrasi yang paling penting yakni minimal IPK 3.00, menulis esai, mendapatkan surat rekomendasi dari Ketua CSSMoRA Perguruan Tinggi, dan lain-lain.

20 Februari 2016 | Debat Kandidat Calon Ketua CSSMoRA Nasional

Setelah proses pendaftaran dan seleksi administrasi, terjaring 3 nama sebagai bakal calon Ketua CSSMoRA Nasional; M. Zidni Nafi’ dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung, (2) Faris M. Hadiningrat dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, (3) Ahmad Idus Showabi dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Ketiganya mengikuti proses Fit and Proper Test sekaligus Debat Kandidat.

Dalam debat kandidat kali ini, dilaksanakan di Auditorium Fakultas Ilmu Komputer Institut Teknologi Sepeluh Nopember (ITS) Surabaya. Adapun materi Fit and Proper Test yang diujikan adalah tes membaca Al-Qur’an dan Kitab Kuning, tes kemampuan bahasa Inggris, wawasan keindonesiaan.

Pada kesempatan itu pula, Departemen P3M CSSMoRA Nasional mengadakan Seminar Pengabdian Mahasiswa Pra Lulus (PMPL) yang diikuti oleh mahasiswa PBSB angkatan 2012 dari kampus ITS, UIN Sunan Ampel, Universitas Airlangga dan UIN Maulana Malik Ibrahim. Selepas acara, sebagian besar para peserta seminar PMPL juga mengikuti debat kandidat yang berlangsung di lokasi yang sama.

Maret 2016 | Proses Pemilu Ketua CSSMoRA Nasional

Selama 5 hari, KPU CSSMoRA Nasional memberikan kesempatan ke semua anggota aktif CSSMoRA di seluruh Indonesia untuk mengikuti proses Pemilihan Umum. Menariknya, CSSMoRA merupakan organisasi pertama di Indonesia yang melaksanakan Pemilu melalui metode Online.

Maret 2016 | M. Zidni Nafi’ Terpilih sebagai Ketua CSSMoRA Nasional

Setelah melewati proses panjang, akhirnya M. Zidni Nafi’ dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung terpilih sebagai Ketua CSSMoRA Nasional yang ke-7. Ia memperoleh 50.9%, mengungguli calon lainnya yakni Faris M. Hadiningrat dengan 28.4% suara, sedangkan Ahmad Idus Showabi memperoleh 20.7% suara.

8 April 2016 | Audiensi ke Kemenag

Usai terpilih, M. Zidni Nafi’ langsung silaturrahim dan audiensi ke kantor Kasubdit Pendidikan Pondok Pesantren Kemenag Pusat. Ia mengaudiensikan rencana program kerja dan pembahasan rekomendasi terkait keberlangsungan PBSB.

9 April 2016 | Kerjasama dengan ASWAJA TV

Sebagai upaya sosialisasi serta perluasan jaringan, Ketua CSSMoRA Nasional terpilih membuat kerjasama dengan ASWAJA TV sebagai Media Partner CSSMoRA yang dikelola oleh Departemen Kominfo. Salah satu bentuk kerjasamanya yakni anggota CSSMoRA dijadikan sebagai Bintang Tamu dalam program Halaqah Santri, dan ASWAJA TV bersedia menayangkan mulai dari berita hingga film dokumenter yang bernuansa santri.

15-16 April 2016 | Musyawarah Nasional VII dan Pelantikan CSSMoRA Nasional

Musyawarah Nasional (Munas) VII CSSMoRA diadakan di Wisma Sargede, Yogyakarta. Munas merupakan forum tertinggi dalam CSSMoRA. Peserta adalah Pengurus Nasional CSSMoRA, Ketua dan/atau perwakilan CSSMoRA masing-masing Perguruan Tinggi Perwakilan Badan Semi Otonom (BSO) Majalah SANTRI.

Dalam tempo 2 hari, forum ini bertugas menetapkan LPJ Pengurus Nasional CSSMoRA periode 2015-2016, membahas serta menetapkan AD/ART/GBHO CSSMoRA, hingga melantik Kepengurusan CSSMoRA Nasional periode 2016-2017 berjumlah 29 orang yang dikomandoi oleh M. Zidni Nafi’. Pada waktu itu, Pengurus Nasional dilantik oleh Dr Agus Fatkhullah, pengelola PBSB pusat di Kementerian Agama.

17 April 2016 | Musyawarah Kerja Nasional

Bersamaan dengan Munas dan Pelantikan, pada tanggal ini dilanjutkan dengan acara Musyawarah Kerja Nasional (Muskernas). Ini merupakan forum tertinggi di CSSMoRA setelah Munas. Muskernas bertugas merumuskan dan menetapkan program kerja CSSMoRA Nasional. Tidak hanya diikuti Pengurus Nasional beserta BSO Majalah Santri, forum juga diikuti ketua atau perwakilan dari CSSMoRA Perguruan Tinggi.

Muskernas yang berlangsung tidak lebih dari 24 jam ini menghasilkan berbagai kebijakan dan program kerja baru serta strategis di antaranya Pengajuan CSSMoRA sebagai organisasi yang berbadan hukum, CSSMoRA Award, Peringatan Hari Lahir CSSMoRA ke-9, Lomba-Lomba tingkat Nasional, Ngaji Jurnalistik Pesantren Nusantara, Ngaji Entrepreneurship beserta Pelatihan Entrepreneursip, Temu Regional, Bedah Buku, Peringatan Hari Santri, dan lain-lain.

Selain itu, Muskernas ini juga meneruskan program kerja sebelumnya seperti Posko Mudik Lebaran, Seminar Mahasiswa Pralulus, Pengadaan Souvenir, Jas Almamater dan T-Shirt CSSMoRA, Share to Care, Pengembangan Media Sosial, dan lain-lain.

19 April 2016 | Pelantikan dan Dialog ke CSSMoRA UIN Walisongo Semarang

Setelah resmi dilantik pada 3 hari sebelumnya, Ketua CSSMoRA Nasional yakni M. Zidni Nafi’ untuk kali pertama melakukan tugasnya melantik Pengurus CSSMoRA Perguruan Tinggi. Adapun yang pertama dilantik adalah Pengurus CSSMoRA UIN Walisongo Semarang yang ketuai oleh Alfan Maghfuri. Acara diagendakan di Auditorium Kampus II kali ini, setelah pelantikan dilanjutkan dengan Dialog Interaktif antara Ketua CSSMoRA Nasional dan Seluruh Pengurus CSSMoRA UIN Walisongo.

22-23 April 2016 | Menghadiri Mubes CSSMoRA UIN Maulana Malik Ibrahim

Ketua CSSMoRA Nasional M. Zidni Nafi’ diundang oleh Pengurus CSSMoRA UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dalam Musyawarah Besar (Mubes) VI yang mereka adakan. Zidni mendapatkan undangan khusus sebagai Presidium untuk memimpin jalannya Sidang Pleno LPJ Pengurus CSSMoRA UIN Maulana Malik Ibrahim periode 2015-2016 yang diketuai oleh Abdul Syakur.

23 April 2016 | Silaturrahim dan Sosialisasi ke CSSMoRA UNISMA

Disela-sela kehadirannya di Malang, pada Sabtu sore hari M. Zidni Nafi’ menyempatkan untuk silaturrahim ke Asrama CSSMoRA Universitas Islam Malang (UNISMA). Dalam momen tersebut, dia bersama Pengurus Nasional lainnya yakni A. Idus Showabi, sharing-sharing tentang perkembangan CSSMoRA serta permasalahan yang berkaitan dengan PBSB.

24 April 2016 | Pelantikan dan Dialog ke CSSMoRA UIN Sunan Ampel

Selesai menjalankan tugas di Malang, Ketua CSSMoRA Nasional langsung menuju ke Surabaya. Pada tanggal ini M. Zidni Nafi’ diundang untuk melantik Pengurus CSSMoRA UIN Sunan Ampel Surabaya periode 2016-2017 yang diketuai oleh Ahmad Rifai Sinaga. Setelah prosesi pelantikan yang diadakan di gedung SAC lantai 3 tersebut, acara dilanjutkan dengan Ta’aruf antara Pengurus Nasional dan Tamu Undangan Pelantikan serta Dialog bersama Pengurus CSSMoRA UIN Sunan Ampel yang terlantik.

24 April 2016 | Silaturrahim dan Sosialisasi ke CSSMoRA UNAIR

Usai acara pelantikan dari pagi hingga siang di UIN Sunan Ampel, M. Zidni Nafi’ selaku Ketua CSSMoRA Nasional pada sore harinya langsung melanjutkan Silaturrahim dan Share to Care dengan Pengurus dan Anggota CSSMoRA Universitas Airlangga (UNAIR) di kontrakan sekaligus basecamp mereka yang dihuni oleh anggota-anggota perempuan. Dalam silaturrahim ini, M. Zidni Nafi’ bersama Pengurus Nasional lainnya; Sri Rahmah, Okayana dan Idus Showabi sosialisasi program kerja CSSMoRA Nasional dan membahas masalah maupun kendala yang dihadapi oleh anggota di UNAIR.

1 Mei 2016 | Pelantikan CSSMoRA UIN Syarif Hidayatullah

Dalam tugas selanjutnya, Ketua CSSMoRA Nasional diundangan untuk melantik Pengurus CSSMoRA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta periode 2016-2017. Di bawah komando satu-satu ketua CSSMoRA perempuan yakni Anis Sanjaya ini, acara dimulai dengan penyampaian LPJ pengurus sebelumnya yang berlangsung dari pagi hingga sore hari, lalu dilanjutkan dengan proses pelantikan yang dipimpin langsung oleh M. Zidni Nafi’.

5 Mei 2016 | Sosialisasi dan Pelantikan ke CSSMoRA UPI

Pengurus CSSMoRA Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) periode 2016-2017 yang selanjutnya dilantik oleh Ketua CSSMoRA Nasional. Setelah itu, disambung dialog dan sosialisasi program kerja CSSMoRA Nasional. Acara pelantikan pengurus CSSMoRA UPI yang kali ini dipimpin oleh Nurul Aziz, siangnya langsung dilanjutkan dengan acara Musyawarah Kerja untuk merumuskan dan menetapkan program kerja kepengurusan mereka.

8 Mei 2016 | Sosialisasi dan Pelantikan ke CSSMoRA UIN Maulana Malik Ibrahim

Untuk kali kedua dalam tempo beberapa minggu, Ketua CSSMoRA Nasional kembali datang ke Malang untuk Pelantikan CSSMoRA UIN Maulana Malik Ibrahim yang pada periode 2016-2017 ini diketuai oleh Ayatullah Abdillah Ilham M.  Seusai pelantikan, acara dilanjutkan dengan dialog dan sosialisasi program kerja CSSMoRA Nasional.

8 Mei 2016 | PSDE CSSMoRA Nasional MoU dengan HIPSI Pusat

Departemen Pengembangan Sumber Daya Ekonomi (PSDE) yang dipegang oleh Sri Rahmah Ramadhani dan Ahmad Idus Showabi melakukan pengajuan kerjasama kepada Himpunan Pengusaha Santri Indonesia (HIPSI) Pusat yang berkantor di Pasuruan. KH Gozali selaku Ketua Pusat menerima pengajuan kerjasama tersebut dalam rangka memberdayakan keterampilan kewirausahaan anggota CSSMoRA.

13-15 Mei 2016 | Bergabung Silatnas Ayo Mondok

CSSMoRA Nasional diundang untuk mengikuti jalannya Silaturrahim Nasional Gerakan Ayo Mondok oleh RMI-NU yang diadakan di Pasuruan, Jawa Timur. Kali ini diwakili oleh Ketua CSSMoRA Nasional M. Zidni Nafi’ dan Staf PSDE Idus Showabi. Dalam silaturrahim ini, CSSMoRA ikut berkontribusikan menyumbangkan gagasan dan terobosannya dalam rangka meningkatkan mutu dan minat masyarakat dalam memondokan anaknya ke pesantren.

28 Mei 2016 | Sosialisasi dan Pelantikan CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga

Luqman Hakim menjadi ketua baru CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta periode 2016-2017 dilantik oleh Ketua CSSMoRA Nasional pada waktu yang berdekatan dengan Ujian Akhir Semester (UAS) di kampus setempat. Setelah pelantikan, dilanjutkan dengan dialog dan sosialisasi program kerja CSSMoRA Nasional.

29 Mei 2016 | Share to Care dan Sosialisasi Program Kerja ke CSSMoRA UGM

Wakil Ketua CSSMoRA Nasional Unggul Suryo Ardi berkunjung ke basecamp CSSMoRA UGM Yogyakarta untuk share to care dan sosialisasi program kerja yang dihadiri oleh sebagian para anggota.

8 Juni 2016 | Share to Care dan Sosialisasi Program Kerja ke CSSMoRA IPB

Ketua CSSMoRA Nasional M Zidni Nafi’ mengunjungi CSSMoRA IPB di salah satu kontrakan anggotanya dalam rangka sosialisasi program kerja dan share to care yang dibarengkan dengan Buka Puasa Bersama yang bertepatan pada awal Ramadhan.

10-12 Juni 2016 | Muspimnas di Bulan Ramadhan

Memasuki bulan suci Ramadhan, CSSMoRA Nasional mengadakan Musyawarah Pimpinan Nasional (Muspimnas) back to pesantren. Muspimnas yang dipanitia oleh M. Syahid Fahmi ini digelar di pondok pesantren Al-Wahdah kota Bandung. Muspimnas kali ini diikuti oleh BPH, Koordinator Departeman dan perwakilan majalah Santri CSSMoRA Nasional, serta ketua atau perwakilan CSSMoRA Perguruan Tinggi seluruh Indonesia.

Forum ini bertugas untuk sosialisasi program kerja CSSMoRA, Konsolidasi bersama ketua CSSMoRA, dan menyepakati kebijakan tertentu yang berkaitan dengan CSSMoRA. Adapun hasil kesepakatan di antaranya; Kerjasama-kerjasama program kerja, Peraturan KPU, Bendera, Mars, dan lain-lain.

1-4 Juli 2016 | Posko Mudik di Semarang, Pasuruan, dan Makassar

Sebagai program besar dan andalan CSSMoRA Nasioanl dalam beberapa tahun terakhir, Posko Mudik CSSMoRA periode ini diadakan di tiga kota; Semarang, Pasuruan, dan Makassar. Pada program departemen P3M yang diketua panitiai oleh Nurlailatun Ni’mah asal Universitas Islam Malang ini bekerjasama dengan berbagai pihak di luar CSSMoRA, karena program ini berisikan panitia dari anggota berbagai CSSMoRA Perguruan Tinggi.

Posko Mudik CSSMoRA yang diperuntukan pemudik dan masyarakat sekitar lokasi posko ini menyediakan banyak fasilitas, di antaranya melayani periksa kesehatan, konseling, petunjuk jalur mudik, tempat istirahat, pembagian takjil berbuka puasa, dan lain-lain.

31 Juli 2016 | AWS UIN Jakarta

Penyambutan tahap awal bagi anggota baru CSSMoRA UIN Syarif Hidayatullah. Kali dari CSSMoRA Nasional langsung diwakili oleh Ketua umum untuk mengisi materi tentang Dinamika Sejarah dan Ke-CSSMoRA-an yang diselenggarakan di aula FKIK kampus setempat.

4 Agustus 2016 | Kaderisasi dan Sosialisasi ke CSSMoRA UIN Walisongo

Dalam momentum Matrikulasi PBSB 2016, Muhammad Haidar, Fitriyani, dan Alamul Yaqin sebagai pengurus Nasional diundang dalam rangka pengenalan dan sosialisasi program kerja CSSMoRA Nasional kepada anggota baru CSSMoRA UIN Walisongo.

20 Agustus 2016 | Kaderisasi CSSMoRA UPI

Zidni Nafi’ menghadiri kaderisasi anggota baru CSSMoRA UPI. Kali ketua CSSMoRA Nasional mengisi materi Dinamika Sejarah dan Ke-CSSMoRA-an.

1 September 2016 | Kaderisasi dan Sosialisasi ke CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga

CSSMoRA Nasional yang kali ini diwakili oleh Staf PSDM Khairul Amin dan Sekretaris I M. Kamil Anwar mengisi sosialisasi dan kaderisasi pengenalan CSSMoRA kepada anggota baru CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

16-18 September 2016 | Workshop Media Massa dan Pelantikan BSO SANTRI

Badan Semi Otonom (BSO) Majalah Santri CSSMoRA Nasional yang pimpin oleh M. Iqbal Syauqi dari CSSMoRA UIN Jakarta mengadakan Workshop Media Massa sekaligus pelantikan dewan redaksi yang baru di aula orda Aceh di daerah Ciputat. Ketua CSSMoRA Nasional hadir untuk melantik sekalian mengisi materi tentang Strategi Jurnalisme Berbasis Media Santri.

17 September 2016 | PSDM Share to Care di CSSMORA UIN Surabaya

Staf PSDM Andi Muhammad Ghalib menggelar share to care dan sosialisasi AD ART dan program kerja di CSSMoRA UIN Sunan Ampel Surabaya.

24 September 2016 | Kaderisasi di CSSMoRA UIN SGD Bandung

Ketua CSSMoRA Nasional hadir dalam kaderisasi anggota baru CSSMoRA UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Acara yang diadakan lereng gunung Manglayang kali ini, M. Zidni Nafi’ mengisi materi CSSMoRA sebagai Transformasi Diri. Selain itu, Staf PSDM Anugrah juga mengisi materi Wawasan Kebangsaan yang diperuntukan untuk peserta kaderisasi tersebut.

12-13 Oktober 2016 | Seminar Evaluasi PBSB di Bekasi

Dalam rangka seminar hasil penelitian dan evaluasi Program Beasiswa Santri Berprestasi, M. Zidni Nafi’ dan M. Miftah dari CSSMoRA Nasional diundang acara tersebut untuk berpartisipasi dalam evaluasi PBSB oleh Badan Litbang dan Diklat Kemenag di Bekasi. CSSMoRA Nasional kali ini memberikan data akurat anggota PBSB, dan menghimpun aspirasi alumni, anggota dan pengurus CSSMoRA Perguruan Tinggi serta merekomendasikan secara resmi kepada Kementerian Agama RI.

14-16 Oktober 2016 | Workshop Jurnalisme bersama The AMAN Indonesia

The Asian Muslim Action Network (AMAN) Indonesia menggandeng CSSMoRA Nasional dalam menggelar Workshop Jurnalisme yang pesertanya sebagian besar dari anggota CSSMoRA Perguruan Tinggi. Workshop ini diadakan di pesantren Inggris, puncak Bogor. Output dari workshop ini, para peserta kemudian diberdayakan menjadi kontributor website mengenalislam.com

19 Oktober 2016 | PSDE Mulai Distribusi Jas Almamater

Pada tanggal ini sebagai awal rangkaian dari tugas Departemen Asep Rizal Munawwar dari PSDE CSSMoRA Nasional untuk mendistribusikan jas almamater CSSMoRA secara langsung ke setiap CSSMoRA Perguruan Tinggi.

22 Oktober 2016 | CSSMoRA Gabung Peringatan Resolusi Jihad NU dan Hari Santri Nasional

Ketua CSSMoRA Nasional menghadiri peringatan Resolusi Jihad NU yang dirayakan juga sebagai Hari Santri Nasional. Pada perayaan ini, bersama pesantren dan Badan NU di Bandung mengadakan upaya dan kirab di area kota Bandung.

23 Oktober 2016 | Majalah SANTRI Edisi V Terbit

Majalah SANTRI Edisi V terbit dengan tema “Pesantren dan Kemandirian Ekonomi”. Kemudian majalah ini akan didistribusikan kepada pengurus CSSMoRA Perguruan Tinggi dan pihak-pihak lainnya.

29 Oktober 2016 | Ngaji Entrepreneurship Jilid I bersama HIPSI di Semarang

Sebagai bentuk hasil kerjasama dengan Himpunan Pengusaha Santri Indonesia (HIPSI), Departemen PSDE mengadakan serangkaian Workshop yang diberi nama “Ngaji Entrepreneurship”. Acara Jilid I yang diadakan bersama CSSMoRA UIN Walisongo Semarang ini untuk memperkenalkan dan menumbuhkan semangat serta keterampilan berwirausaha santri. Tindak lanjut dari program ini, anggota CSSMoRA akan diikutkan pelatihan-pelatihan berwirausaha yang diadakan oleh HIPSI.

 

1 November 2016 | Pengumuman Lomba Harlah CSSMoRA ke-9

CSSMoRA Nasional mengumumkan Perlombaan dalam rangka peringatan Hari Lahir CSSMoRA ke-9. Adapun lomba yang digelar meliputi Lomba Desain Logo Harlah, Lomba Essay Nasional, Lomba Cerpen Inspiratif, dan Lomba Video Dokumenter.

4 November 2016 | Dialog dan Pelantikan CSSMoRA UGM

Mohamad Fakhri Taufik menjadi ketua baru untuk memimpin CSSMoRA UGM periode 2016-2017. Usai dilantik oleh Ketua CSSMoRA Nasional di gedung fakultas Ekonomi kampus setempat, para anggota dan pengurus berdialog bersama M. Zidni Nafi di lokasi yang sama.

10 November 2016 | Bedah Buku “Jejaring Terorisme Indonesia” Session I

PSDM CSSMoRA bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengadakan Bedah Buku dalam rangka peringatan Hari Pahlawan di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Bedah berjudul “ Dinamika Baru Jejaring Teror di Indonesia ini di bedah oleh Satgas BNPT AKBP H. Abdul Muis, MH dan sebagai Pembanding yakni Ayi Yunus Aktivis Peace Generation. Dalam acara session I ini, CSSMoRA Nasional membagikan 70 eksemplar buku secara Cuma-Cuma kepada peserta. Selanjutnya bedah buku yang sama akan diadakan di Yogyakarta dan Malang.

12 November 2016 | Kerjasama Temu Regional Timur

PSDM CSSMoRA Nasional mempunyai program kerja Temu Regional di tiga regional yang ada. Untuk kali ini, men-support serta kerjasama dengan CSSMoRA yang ada di Regional Timur yang sudah secara rutin mengadakan program ini. Temu yang diadakan di kampus UIN Sunan Ampel Surabaya ini diisi dengan silaturrahim, perlombaan, pentas seni, dan lain-lain.

16 November 2016 | Launching dan Distribusi Kaos CSSMoRA

M. Miftah dari Departemen PSDE melaunching serta mendistribusikan Kaos CSSMoRA yang telah diorder para anggota CSSMoRA di seluruh Indonesia. Kaos ini menjadi identitas dan kebanggaan bagi setiap anggota yang mengenakannya.

1 Desember 2016 | Pengumuman Juara Lomba Desain Logo

Azza Amalia dari CSSMoRA ITS menjadi juara I Lomba desain logo Harlag CSSMoRA ke-9. Logo lalu menjadi logo resmi dan digunakan pada kegiatan-kegiatan Harlah lainnya.

10 Desember 2016 | Ngaji Entrepreneurship Jilid II di Bandung

PSDE CSSMoRA Nasional mengadakan Ngaji Entrepreneurship Jilid II di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Acara yang diketua panitia oleh Moh. Fathurrohman ini, DPW HIPSI Jawa Barat hadir sebagai narasumber pada acara yang diikuti oleh anggota CSSMoRA dan mahasiswa umum. Usai acara ini akan diadakan tindak lanjut berupa pelatihan yang diatur oleh DPW HIPSI Jabar.

12 Desember 2016 | Gerakan Ngaji untuk Mendoakan Indonesia dan Harlah CSSMoRA ke-9

Untuk kali pertama, CSSMoRA Nasional mengadakan peringatan Harlah yang diisi Gerakan Ngaji dan dilaksanakan secara serentak di seluruh CSSMoRA Perguruan Tinggi. Harlah yang diisi dengan “Gerakan Ngaji untuk Mendoakan Indonesia” ini diperingati melalui khataman al-Qur’an serta shalawatan karena bertepatan pula dengan 12 Rabiul Awwal sebagai Maulid Nabi Muhammad.

13 Desember 2016 | Pengumuman Lomba Cerpen Inspiratif

Lomba Cerpen Inspiratif memang diperuntukkan untuk anggota CSSMoRA saja. 3 nama yang menyabet juara Lomba Cerpen Inspiratif yakni Juara I Ana Magfirotul Khasanah (CSSMoRA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) Judul  Cerpen  Pohon Anggur, Juara II Umdah Ardilla (CSSMoRA Institut Teknologi Sepuluh Nopember) Judul Cerpen  Keberuntungan dari Barokah, da Juara III Windi Wiyarti (CSSMoRA UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) Judul Cerpen  Harapan Terakhir. Hasil lomba ini kemudian akan dibukukan menjadi Buku Antologi Cerpen anggota CSSMoRA.

24 Desember 2016 | Pemilihan Ketua KPU CSSMoRA Nasional

Untuk menyiapkan regenerasi, Pengurus Nasional CSSMoRA musyawarah dan menetapkan Siti Noura asal CSMoRA Universitas Airlangga sebagai Ketua KPU. Selanjutnya akan diadakan Open Recruitment KPU yang nanti dari perwakilan CSSMoRA Perguruan Tinggi.

28 Desember 2016 | Pengumuman Lomba Essay Nasional

Pengumuman Lomba Essay Nasional yang bertema “Santri Agen Perdamaian” dalam rangka Harlah CSSMoRA ke-9 . Lomba diagendakan oleh Departemen Kominfo CSSMoRA Nasional ini diperuntukkan untuk mahasiswa seluruh Indonesia, sehingga ada ratusan peserta yang ikut dalam perlombaan kali ini.

Adapun yang juara yakni Juara I Abdul Warits (INSTIKA Madura), judul Menyemai Ijtihad Perdamaian dari Santri Bagi Negeri, Juara II Gholib Tamam Fauzi (UGM Yogyakarta), judul Perdamaian, Multikuluralisme dan Kebangsaan, Juara III Esty Maisaroh (Universitas Muhammadiyah Magelang), judul Menelisik Multikulturalisme di Indonesia : Urgensi Pendidikan Islam Pluralis Dalam Keserasian Hidup Beragama. Dari hasil lomba ini kemudian akan dibukukan menjadi Buku Antologi Essay Santri.

Bagaimana CSSMoRA Nasional di Tahun 2017 ?

Masih ada program kerja CSSMoRA Nasional yang akan dilaksanakan pada tahun 2017; di antaranya mulai dari Temu Regional Barat dan Regional Tengah, Ngaji Entrepreneurship Jilid III di Regional Timur, Ngaji Jurnalistik Pesantren Nusantara, Bedah Buku di Yogyakata dan Malang, Seminar Pengabdian Pra Lulus untuk Angkatan Semester Akhir di setiap CSSMoRA Perguruan Tinggi, Pemilu Ketua CSSMoRA Nasional, CSSMoRA Award, hingga Musyawarah Nasional.

 

CATATAN :

Sebenarnya masih banyak tugas dan kinerja Pengurus CSSMoRA Nasional yang belum tercantum di atas; misalkan update informasi, administrasi, koordinasi, pengawalan, pendampingan, dan lain-lain.

Facebook Comments





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *