Hadiri Halaqah Santri Nusantara, Menteri Agama Berikan Secara Simbolis Beasiswa Santri Berprestasi

Yogyakarta, cssmora.org – Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin, hadiri Halaqah Santri Nusantara sekaligus memberikan secara simbolis bantuan Beasiswa Santri Berprestasi bertempat di Gedung Multipurpose UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Rabu (28/3). Acara yang dipandu oleh Zidna Zuhdana Musthoza dan Muhammad Farid Abdillah, mahasiswa PBSB angkatan 2014 dan 2015 ini dimulai sekitar pukul 10.00 WIB.

Hadir pula dalam  acara tersebut Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, serta ratusan santri PBSB dari UIN Sunan Kalijaga dan UGM serta perwakilan mahasiswa PBSB dari UPI Bandung dan UIN Sunan Gunungdjati Bandung.

Acara inti halaqah santri nusantara tersebut dipimpin oleh Ahmad Zayadi. Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren. Sambutan pertama disampaikan oleh Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yudian Wahyudi. Dalam sambutanya, lulusan pondok pesantren tremas tersebut menyampaikan bahwa santri bukan tidak mungkin akan melanglang buana. Dalam hal ini, ia menyontohkan dirinya sendiri yang telah menjadi Rektor dan Presiden Asosias Universitas Islam se-Asia, dan ia adalah lulusan pesantren.

Sambutan kedua disampaikan oleh Dirjen Pendidikan Islam, Kamaruddin Amin. Lulusan pesantren as-‘Adiyah sengkang tersebut menyampaikan bahwa PBSB adalah ikhtiyar pemerintah dalam menyiapkan santri yang siap menyongsong perkembangan bangsa di masa depan.

Sesi menteri agama berlangsung sekitar 45 menit. Dalam sesi tersebut disampaikan apresiasi atas keberhasilan para santri mengikuti seleksi dan menjalani kuliah di berbagai perguruan tinggi. Menurutnya, PBSB adalah sebuah upaya pemerintah dalam hal peningkatan kualitas para santri.

“Kami akan terus berupaya menjadikan Indonesia sebagai barometer Keislaman dunia.” Kata Menteri Agama sebagaimana dikutip dari kemenag.go.id.

Selesai sesi halaqah santri nusantara, dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis bantuan beasiswa santri berprestasi. Penyerahan ini diwakili oleh Melati Ismaila Rafi’i (UIN SUKA), Muhammad Mundzir (UIN SUKA), Taufik Ahfazih (UGM), Khoirotun Nisa (UGM), Zeed Hamdi Rukman (UPI Bandung), Muhammad Rinaldi (UIN SGD Bandung) yang diserahkan oleh Menteri Agama didampingi oleh Dirjen Pendis, Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag DI Yogyakarta. (Abd/SARUNG)

Facebook Comments





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *