Dapat Respon Positif, Posko Mudik CSSMoRA Semarang Ambil Hati Masyarakat Sekitar

Bulan suci Ramadhan merupakan momen istimewa bagi mahasiswa PBSB (Program Beasiswa Santri Berprestasi) untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan membuka posko mudik. Posko mudik CSSMoRA merupakan salah satu program kerja pengurus CSSMoRA Nasional yang diagendakan setiap tahun yang dikoordinatori oleh pengurus P3M (Pengembangan Pemberdayaan Pesantren dan Masyarakat) CSSMoRA Nasional. Program ini diadakan sebagai bentuk pengabdian CSSMoRA kepada mayarakat. Tahun 2016 ini CSSMoRA membuka posko di tiga kota, yakni Pasuruan, Semarang, dan Makassar.

Salah satu dari tiga posko yang didirikan yaitu berada di jalur pantura Semarang, tepatnya di depan Masjid Baitul Izzah Ngilir Terbyo Wetan, Genuk Semarang. Kegiatan ini dimulai pada tanggal 01-04 Juli 2016. Memasuki hari kedua posko mudik CSSMoRA wilayah Semarang terpantau cukup ramai. Dikarenakan posisinya yang cukup strategis yaitu di depan masjid yang terletak di jalur pantura sehingga banyak pemudik yang hendak melakukan shalat di sana dan sekalian singgah ke posko mudik yang berada di samping pintu gerbang masjid. Sampai saat ini terhitung puluhan pengunjung yang singgah untuk sekedar beristirahat dan melakukan cek kesehatan.

Sabtu (02/07) sekitar pukul 05.15 WIB satu rombongan bus pemudik dari Jawa Barat dengan tujuan Jepara Jawa Tengah yang hendak melaksanakan shalat subuh  mampir berkunjung ke stand posko. Para pemudik ini terlihat sangat antusias untuk melakukan medical check up yang merupakan salah satu dari fasilitas yang disediakan. Adapun medical check up tersebut meliputi cek tekanan darah, cek glukosa darah, dan cek asam urat. Dengan telaten Tim Kesehatan melayani pengunjung dan menyampaikan hasil tes serta memberikan saran-saran yang bermanfaat bagi pasien.

Selain para pemudik sasaran yang dituju adalah warga yang tinggal di sekitar posko. Dengan tujuan yang sama melakukan pengabdian terhadap masyarakat sekitar dan tentunya memberikan nilai manfaat. Respon masyarakat Ngilir tentunya sangat positif dengan adanya pendirian posko mudik di daerah mereka. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh perwakilan Tim Banser setempat yaitu Bapak Riyanto dalam pembukaan acara kemarin, Jum’at (01/07). Ungkapan serupa juga disampaikan oleh beberapa warga yang turut singgah ke stand posko. Beberapa warga juga nampak meramaikan posko mudik dengan melakukan medical check up. Tidak lupa dari pihak panitia juga menyemarakkan gerakan ayo mondak dengan malakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk memasukkan putra-putri atau cucu mereka ke pondok pesantren. Tentunya ini semua merupakan hasil dari kerja keras seluruh tim posko mudik CSSMoRA Semarang yang tidak henti-hentinya melakukan berbagai usaha dan juga evaluasi demi terlaksananya acara terebut. (Aulia/CSSMoRA UIN Walisongo)

Facebook Comments





One Comment to Dapat Respon Positif, Posko Mudik CSSMoRA Semarang Ambil Hati Masyarakat Sekitar

  1. RIYANTO berkata:

    Terimakasih atas pengabdian, teruskan jangan ada kata lelah dan menyerah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *