CSSMoRA Nasional Gelar Seminar Pembinaan Mahasiswa Pra Lulus (PMPL) di Regional Tengah

Semarang – Departemen Pengembangan dan Pemberdayaan Pesantren serta Masyarakat (P3M) CSSMoRA Nasional periode 2016-2017 mengadakan Seminar Pembinaan Mahasiswa Pra Lulus (P3M) session I untuk anggota CSSMoRA tingkat akhir Regional Tengah yang diselenggarakan di UIN Walisongo, Jum’at (20/01/2017) siang kemarin. Dalam acara tersebut, peserta yang hadir dari anggota CSSMoRA UIN Walisongo Semarang dan CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Hadir sebagai Narasumber dari pihak Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama, Agus Fatkhullah yang juga sebagai pengelola Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) menerangkan tentang Pelaksanaan Pengabdian Santri PBSB.

Lebih spesifik lagi, ia juga menjelaskan dengan detail tentang Lokasi Pengabdian, Santri Pengabdian, Waktu Pengabdian, Model Pengabdi, Lingkungan Pengabdian, Dokumentasi Pengabdian, Sanksi, dan lain-lain.

Seminar PMPL CSSMoRA Nasional (2)

Seminar PMPL CSSMoRA Nasional (1)

Sementara itu, Ketua CSSMoRA Nasional M. Zidni Nafi mengatakan Seminar tersebut sangat penting terutama bagi anggota CSSMoRA tingkat akhir. Sebagaimana regulasi mengikuti PBSB, mereka haruslah mengabdi usai studi, sehingga seminar ini difasilitasi supaya dapat memahami teknis dan berbagai ketentuan pasca studi atau saat mengabdikan diri di pesantren atau lingkungan lainnya.

“Yang tidak kalah penting adalah bagaimana teman-teman ketika nanti menjadi alumni tidak melepaskan jaringan CSSMoRA yang luas, justru haruslah didayagunakan sebagai ruang relasi dan karir pasca studi. Tentunya tidak lepas dari prinsip untuk kemaslahatan masyarakat,” kata Zidni.

Selanjutnya Departemen P3M CSSMoRA Nasional akan menggelar acara serupa untuk anggota CSSMoRA tingkat akhir di Regional Barat dan Tengah. (kmf)

Facebook Comments





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *