Ini Dia, E-mail Terkirim di Gmail Kini Bisa Ditarik Kembali

Selama ini, orang yang salah mengirim e-mail cuma bisa pasrah dan membuat yang baru untuk meralatnya. Tapi dengan fitur baru Gmail, tak perlu lagi ada kejadian seperti itu.

Layanan surat elektronik buatan Google itu punya tombol baru bernama “undo send”. Sesuai dengan namanya, tombol tersebut berfungsi membatalkan proses pengiriman e-mail sebelum mencapai alamat tujuan.

Pengguna yang lupa memasukkan attachment atau salah memasukkan kata pun bisa kembali mengedit e-mail itu, sesederhana menekan ctrl+z pada Microsoft World.

Dilansir Nextren dari Slashgear, Rabu (24/6/2015), fitur tersebut sebenarnya sudah diuji Gmail Labs sejak enam tahun lalu. Ada juga beberapa pengguna Gmail yang sudah mengenalnya dari laboratorium tersebut.

Namun baru hari ini mereka mengeluarkannya resmi untuk publik dan menjadikanya sebagai fitur utama Gmail. Siapapun bisa menggunakan undo send dengan catatan hanya bisa diakses melalui browser web saja.

Tapi satu hal perlu pahami, fitur undo send bukan berarti Anda bisa bebas membatalkan e-mail kapanpun. Hanya e-mail yang baru dikirim dalam hitungan detik saja bisa batal, sedangkan e-mail keliru yang dikirim setelah beberapa jam tak bisa dibatalkan.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna cukup masuk ke akun Gmail miliknya. Gerakan kursor  ke menu settingdan carilah kolom bertuliskan undo send pada bagiangeneral setting. Di situ dapat dipilih masa berlaku Undo, mulai dari 5 detik sampai maksimal 30 detik setelah dikirimkan.

Pengguna yang sudah lama memakai fitur ini dari Gmail Labs, akan otomatis mendapatkan tombol undo sendtanpa melakukan pengaturan tersebut. (kompas.com)

Facebook Comments





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *