Arus Mudik Diperkirakan Menumpuk di Pantura

PEKALONGAN – Pekalongan jadi salah satu kota yang paling sibuk saat musim mudik tiba. Seperti yang terjadi selama ini, para pemudik selalu memenuhi jalur pantura yang membelah kota Pekalongan.

Tidak adanya jalan lingkar di Pekalongan, serta berfungsinya jalur tol lintas jawa membuat mudik tahun ini akan memberi dampak yang agak berbeda untuk ota Pekalongan.

Para pemudik dari arah barat, yang sebagian besar berasal dari Jakarta dan sekitarnya, diperkirakan akan mulai memenuhi jalur mudik sejak H-7. Dengan adanya tol lintas jawa dari Cipali ke Kanci, lalu dari Pejagan hingga gerbang tol terakhir di Pemalang, maka diharapkan dapat mengurangi beban jalur pantura.

Namun seperti yang diutarakan oleh Kepala Dishuparbud Pekalongan, Doyo Budi Wibowo, kepada Radar Pekalongan, bahwa kemacetan akan berpindah dari Jawa Barat ke Jawa Tengah.

“Semua kendaraan, baik yang melewati pantura Jawa Barat ataupun tol lintas jawa di jalur tengah, akan bertemu di jalur Pantura Jawa Tengah. Bila di Jabar akan cenderung lancar, maka di titik pertemuan yang berada di Jateng kemungkinan akan terjadi penumpukan. Disinilah kesiapan Pekalongan sebagai kota yang dilewati jalur pantura diuji,” jelasnya.

Sebelumnya, Polres kota Pekalongan dan Dishub telah menguraikan titik-titik yang berpotensi menjadi lokasi kemacetan di Pekalongan saat arus mudik. Di lokasi-lokasi tersebut diperkirakan akan terjadi penumpukan kendaraan yang dikarenakan beberapa hal.

Contohnya di jalan KH. Mansyur dimana di lokasi terdapat perlintasan rel kereta api. Sedangkan di Grogol diperkirakan terjadi kemacetan karena terdapat penyempitan jalan saat memasuki jembatan sebelah barat persimpangan.

Beberapa persiapan telah dilakukan oleh pihak-pihak terkait. Dalam Rakor persiapan Operasi Ketupat Candi (7/7) diketahui jika dari Tirto akan ada dua lapis jalur alternatif melewati jalan Imam Bonjol dan lebih ke timur melewati jalan Perintis Kemerdekaan. (jppn.com)

Facebook Comments





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *