ANGGOTA CSSMoRA BORONG JUARA LKTI DI BULAN MEI

Yogyakarta, cssmora.org – Anggota CSSMoRA meraih prestasi dalam beberapa event Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) pada bulan Mei ini. Mereka adalah Khairun Nisa yang meraih juara satu LKTI di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon, Muhammad Wahyudi yang meraih juara satu dan Dara Humaira meraih juara dua MMQ di Institut Ilmu Qur’an (IIQ) Jakarta, lalu M Rafi, Nuzul Fitriyansyah dan Andy Rosyidin yang meraih juara tiga LKTI di Universitas Sebelas Maret serta Hamdi Putra Ahmad dan Dzurrotul Arifah yang meraih juara satu LKTI di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya.

Khairun Nisa adalah mahasiswa PBSB angkatan 2014 di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Ia meraih juara satu LKTI pada Harlah ke-5 Himpunan Mahasiswa Tafsir Hadis IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang diselenggarakan pada Senin-Selasa (15-16/5). Nisa mempresentasikan papernya yang berjudul “Kajian Fenomenologi Terhadap Ayat-ayat Toleransi”.

“Kalau ada lomba yang berkaitan dengan LKTI Qur’an, aku emang selalu tertarik. Apalagi kalau punya waktu luang dan ngga menghalangi untuk ngerjain tugas ya pasti ikut. Aku Ngga mau kalo jalan-jalan tanpa alasan akademik, sekalian cari pengalaman, cari teman, cari link,” tutur Nisa yang merupakan mahasiswa semester VI di Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir tersebut.

yudi

Sebelumnya juga diadakan Harlah 40 Institut Ilmu Qur’an (IIQ). Panitia dari Departemen Mahasiswa (Dema) IIQ Jakarta dan Lembaga Seni Budaya Mahasiswa (LSBM) menyelenggarakan berbagai musâbaqah pada Jum’at-Ahad (5-7/5). Pada kesempatan itulah Muhammad Wahyudi meraih juara satu pada cabang Musabaqah Makalah Al-Qur’an (MMQ). Mahasiswa PBSB lulusan Pondok Pesantren Nurul Jadid Probolinggo tahun 2015 ini mempresentasikan papernya yang berjudul “Re-interpretasi Ayat Jihad dengan Pendekatan Kontekstual Abdullah Saeed”.

“Alasannya karena dorongan dari dua senior di departemen Litbang  dan melihat ada kesempatan di depan mata. Tentunya seneng dan enggak nyangka karena beberapa lawan, berdasarkan informasi yang diperoleh, sudah semester enam dan tentu lebih banyak pengalaman dalam hal seperti ini,” kata Wahyudi yang juga merupakan staff Departemen Penelitian dan Pengembangan (Litbang) di CSSMoRA UIN Sunan Kalijaga.

Anggota CSSMoRA lainnya ialah Dara Humaira yang berhasil meraih juara dua pada event tersebut. Dara bersama dua temannya, Ridha Hayati dan Nuril Fajri, mempresentasikan paper berjudul “Kajian Monogami Perspektif Fazlur Rahman sebagai Upaya Mencetak Generasi Qur’ani”.

dara

“Alasan mendasar yang memotivasi dan mendorong saya untuk mengikuti event tersebut adalah karena keinginan saya untuk menambah pengalaman dan melatih diri untuk berbicara di hadapan umum, di samping karena ajakan teman saya,” tutur Dara yang merupakan mahasiswa PBSB angkatan 2014 di UIN Sunan Kalijaga.

Selanjutnya Hamdi Putra Ahmad dan Dzurotul Arifah meraih juara satu LKTI yang diadakan oleh Unit Kegiatan Pengembangan Intelektual (UKPI) di UIN Suan Ampel Surabaya. Kedua mahasiswa PBSB angkatan 2015 ini mempresentasikan papernya yang berjudul “Relevansi Budaya dan Dakwah dalam Perspektif Al-Qur’an: Mencapai Masyarakat Indonesia yang Madani” pada Ahad (21/5).

hamdi

“Bersyukur, seneng banget, karena perdana juga ikut LKTIN. Rasanya semakin termotivasi untuk lebih giat mengembangkan kepenulisan. Manfaatkan kesempatan, kalau dapet pamflet ya dikejar. Sekiranya mampu ya dikirim mana tau lolos. Dari kebetulan menjadi keseriusan,” ungkap Hamdi yang merupakan lulusan dari Madrasah Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi tersebut.

 

Selain itu, pada event OCEAN (Olympiade of Economic and Annual Lecture) yang diadakan oleh Badan Pengkajian dan Pengamalan Islam (BPPI) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret, tiga orang anggota CSSMoRA angkatan 2016 meraih juara satu. Mereka adalah M Rafi, Nuzul Fitriyansyah dan Andy Rosyidin. Mereka mempresentasikan paper berjudul “ Jual Beli Online Perspektif Islam: Relevansi Bai’u as-Salam dan E-Commerce” pada Sabtu (20/5).rafi

“Kesan…Begitu banyak pengalaman yang kami dapatkan. Banyak teori teori ekonomi yang sangat inspiring bagi kami dari sahabat sahabat dari UGM, Universitas Brawaijaya, UNDIP dan UI. Pengalaman yang luar biasa. Berada di tengah ekonom-ekonom bangsa yang berupaya membangun ekonomi bangsa ini, membuat kami semakin sadar masih banyak sektor yang harus kita tingkatkan diantaranya ekonomi bangsa. Selain pengalaman mengenai lomba kami juga mendapatkan pengalaman berkeliling Solo yang diadakan oleh panitia sehingga kami bisa mengakrabkan diri dengan teman teman ekonom dari beberapa kampus umum,” ungkap Rafi yang merupakan lulusan Pesantren Rasyidah Khalidiyah tersebut. (Ray)

Facebook Comments





Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *